Hemat Waktu dan Tenaga, Perpanjang SKCK dengan Aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp di HP

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang lebih dikenal dengan SKCK, adalah dokumen yang diperlukan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, dan lain sebagainya. Di masa pandemi saat ini, pemerintah mengimbau agar masyarakat melakukan perpanjangan SKCK secara online. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp. Berikut ini adalah cara perpanjang SKCK online lewat HP dengan aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp.

  1. Unduh dan instal aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp pada ponsel kamu. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store secara gratis.

  1. Registrasi akun

Setelah aplikasi diunduh dan diinstal, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi akun. Kamu perlu mengisi data diri dan nomor KTP, serta membuat username dan password. Pastikan data yang diisi sesuai dengan data diri yang sebenarnya.

  1. Pilih layanan SKCK

Setelah registrasi akun berhasil dilakukan, pilih menu layanan SKCK pada aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp.

  1. Isi formulir

Kamu akan diarahkan ke formulir yang harus diisi untuk memperpanjang SKCK secara online. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan jangan lupa untuk memilih jangka waktu perpanjangan SKCK yang diinginkan.

  1. Unggah dokumen pendukung

Setelah mengisi formulir, kamu perlu mengunggah dokumen pendukung yang dibutuhkan, seperti KTP, foto, dan dokumen lainnya yang diminta.

  1. Lakukan pembayaran

Setelah dokumen pendukung berhasil diunggah, kamu perlu melakukan pembayaran. Biaya perpanjangan SKCK melalui aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp sebesar Rp. 30.000,-. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau e-wallet.

  1. Tunggu verifikasi

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, SKCK kamu akan diverifikasi oleh pihak kepolisian. Proses verifikasi ini dapat memakan waktu 1-3 hari kerja.

  1. Unduh SKCK

Setelah SKCK kamu berhasil diverifikasi, kamu dapat mengunduh SKCK tersebut melalui aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp. SKCK tersebut dapat diunduh dalam bentuk PDF dan dapat dicetak atau disimpan dalam bentuk digital.

Itulah cara perpanjang SKCK online lewat HP dengan aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp. Dalam melakukan perpanjangan SKCK secara online, pastikan kamu mengisi data dengan benar dan lengkap, serta mengunggah dokumen pendukung yang diminta. Selain itu, pastikan juga kamu melakukan pembayaran dengan benar dan mengikuti proses verifikasi dengan sabar. Dengan menggunakan aplikasi PRESISI – POLRI SuperApp, proses perpanjangan SKCK menjadi lebih mudah dan efisien, karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke kantor kepolisian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *