Apple Rilis MacOS Sonoma

Apple telah secara resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk komputer desktop mereka, yang diberi nama MacOS Sonoma, dalam acara WWDC 2023.

Salah satu fitur utama dari MacOS Sonoma adalah dukungan untuk widget di desktop komputer dan laptop Mac. Selain itu, MacOS Sonoma juga menghadirkan Game Mode yang memungkinkan pengguna mengoptimalkan kinerja hardware komputer mereka saat bermain game. 

Ada juga animasi screensaver yang menarik yang dapat digunakan sebagai latar belakang desktop saat login.

MacOS Sonoma, atau MacOS 14, akan tersedia dalam versi beta untuk pengembang aplikasi dan beta publik dalam beberapa minggu ke depan. Rencananya, MacOS Sonoma akan tersedia untuk umum pada akhir tahun ini.

Fitur Baru pada MacOS Sonoma

Beberapa fitur baru yang hadir di MacOS Sonoma antara lain:

  • Animasi Screensaver: MacOS Sonoma menghadirkan screensaver animasi baru yang serupa dengan yang ada di Apple TV. Screensaver ini akan memberikan tampilan yang menawan pada desktop saat login.
  • Mode Private Browsing di Safari: Sistem operasi ini membawa peningkatan pada mode private browsing di browser Safari. Pengguna dapat mengunci halaman web dengan pemindai wajah, memblokir pelacak, dan menghapus jejak URL.
  • Widget iPhone di Mac: Dengan MacOS Sonoma, pengguna dapat menggunakan fitur Continuity untuk membawa widget dari iPhone mereka ke halaman utama komputer Mac. Hal ini memberikan pengalaman yang mulus antar perangkat.
  • Mode Game: MacOS Sonoma memiliki fitur “Mode Game” yang mengoptimalkan kinerja komputer dengan mengalokasikan sumber daya CPU dan GPU secara maksimum untuk permainan. Kontroler PlayStation dan Xbox juga akan memiliki waktu respons yang lebih cepat dengan koneksi Bluetooth yang lebih cepat.
  • Pengalaman Video Conference yang Diperbarui:¬†Apple telah memperbarui pengalaman video conference dalam MacOS Sonoma. Fitur-fitur baru termasuk mode Presenter Overlay dan kemampuan untuk menambahkan efek video menggunakan gerakan tangan di platform seperti Zoom, Teams, dan WebEx.

Selain itu, beberapa pembaruan dari iOS 17 juga akan hadir di MacOS Sonoma. Fitur-fitur tersebut meliputi perbaikan pada fitur autocorrect, kemampuan memanggil Siri tanpa mengucapkan “hei” terlebih dahulu, pengisian formulir PDF yang lebih cepat, dan peningkatan pada fungsionalitas stiker.

Dengan MacOS Sonoma, Apple terus menghadirkan inovasi dan peningkatan fitur untuk pengguna komputer desktop Mac mereka. Pengguna dapat menantikan pengalaman yang lebih baik dan lebih lancar dengan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh MacOS Sonoma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *