14 Hal yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Tentang iPhone Pertama (Part.2)

Keyboard Layar Sentuh Kontroversial

iPhone 2007 Meluncurkan Ponsel Keyboard
apel

Sulit dipercaya sekarang, tetapi iPhone memasuki dunia di mana setiap ponsel cerdas lainnya – bahkan ponsel Android yang baru lahir saat itu – memiliki keyboard fisik. Keyboard layar sentuh pada iPhone sebenarnya agak kontroversial, dan banyak pengguna yang meragukan Apple dapat melakukannya. Namun, berkat algoritme koreksi otomatis tingkat lanjut dan beberapa fitur UI pintar lainnya , banyak pengguna yang terkejut dengan seberapa baik kerjanya.

Keyboard layar sentuh juga lebih menarik bagi para pengguna yang telah menderita dengan sistem entri teks prediktif T9 jadul , yang mengandalkan mematuk pesan teks melalui beberapa penekanan pada keypad numerik. IPhone muncul pada saat 95 persen pengguna ponsel masih menggunakan apa yang sekarang kita sebut “ponsel berfitur”.


Apple Membuat Aplikasi YouTube Sendiri

aplikasi iPhone YouTube
iLounge

Karena tidak perlu menyisakan ruang untuk keyboard perangkat keras, iPhone memiliki layar terbesar dari hampir semua ponsel di luar sana, dan juga cocok, saat dipegang ke samping, untuk menonton video. Apple ingin memamerkan ini, jadi ia tahu harus menemukan cara agar pengguna terhubung ke dunia video streaming yang sedang berkembang.

Karena tidak ada App Store, dan YouTube pada masa itu sama sekali tidak dioptimalkan untuk browser seluler atau format video H.264 iPhone, Apple memutuskan untuk membuat aplikasi YouTube sendiri dan menyertakannya di iPhone. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri, mencari, melihat, dan berbagi video YouTube secara native di iPhone, dan itu bisa dibilang aplikasi yang lebih baik untuk kesederhanaan dan kecepatannya daripada yang ditawarkan Google sekarang.


Tidak Ada Rekaman Video atau Kamera Depan

Kamera iPhone asli
Jesse Hollington

Meskipun iPhone asli bagus untuk menonton video, Anda sebenarnya tidak dapat menggunakannya untuk merekam video. Kamera dua megapiksel pada iPhone asli dapat menangkap beberapa foto diam yang cukup bagus untuk masanya, tetapi perangkat keras iPhone tidak mampu merekam video definisi standar beresolusi lebih rendah.

Butuh Apple dua tahun lagi untuk menambahkan rekaman video dengan rilis iPhone 3GS pada tahun 2009. Meskipun komunitas jailbreak dapat melakukannya pada model iPhone lama, itu dilakukan dengan cara yang sangat terbatas yang menunjukkan mengapa Apple menghilangkannya.

Juga tidak ada kamera yang menghadap ke depan pada masa itu – yang tidak akan muncul sampai Apple memulai debutnya FaceTime dengan iPhone 4 pada tahun 2010. Kamera yang menghadap ke depan tidak terlalu umum pada smartphone mana pun saat itu, karena operator mencoba mendorong pengguna lebih ke telepon “panggilan video” khusus (dengan tarif panggilan lebih tinggi), tetapi masih ada aplikasi seperti Skype yang dapat memanfaatkan kamera depan.

Namun, FaceTime menjadi jawaban Apple untuk panggilan video, dan begitu kamera depan muncul di iPhone 4, seluruh kumpulan aplikasi pihak ketiga mulai memanfaatkannya juga.


Tidak Ada Pesan Gambar (MMS)

SMS iPhone asli
Peter Ouwerkerk / Flickr

Menurut standar saat itu, aplikasi SMS pada iPhone asli sebenarnya cukup bagus, menghadirkan percakapan pesan teks dalam tampilan gaya gelembung obrolan yang mirip dengan aplikasi iChat Apple yang populer untuk Mac. Namun, satu fitur yang hilang adalah dukungan untuk Layanan Pesan Multimedia, umumnya dikenal sebagai MMS.

Banyak operator menyebut ini sebagai “pesan gambar” karena MMS memungkinkan pengguna mengirim foto dan video melalui pesan teks. Itu adalah fitur yang cukup umum di banyak ponsel – bahkan banyak “ponsel berfitur” menawarkan dukungan untuk itu – jadi itu adalah penghilangan yang aneh mengingat fotografi adalah fokus utama iPhone bahkan saat itu.

Apple menambahkan dukungan MMS ke iPhone 3G pada tahun berikutnya, meskipun hanya untuk mengirim foto dan bukan video, tetapi bahkan dengan pembaruan perangkat lunak iPhone baru, itu tidak pernah sampai ke iPhone asli.


Situasi Jack Headphone yang Aneh

Soket Headphone iPhone Asli
Jesse Hollington

IPhone adalah salah satu ponsel pertama yang menampilkan jack 3,5 mm berukuran standar yang secara teoritis dapat digunakan dengan headphone apa pun. Namun, itu juga mendukung mikrofon untuk panggilan bebas genggam, dan sepertinya Apple ingin memastikan pengguna tidak mengalami masalah kompatibilitas.

Untuk tujuan ini, itu menyembunyikan jack headphone pada iPhone pertama sedemikian rupa sehingga hanya earbud milik Apple yang disertakan yang dapat dipasang. Sebagian besar headphone lain tidak memiliki ujung yang cukup tipis, dan akibatnya dengan cepat menjadi banyak adaptor pihak ketiga yang ada tanpa tujuan lain selain untuk memperluas koneksi headphone 3,5 mm standar agar sesuai dengan jack sempit iPhone.

Untungnya, Apple pasti menyadari bahwa ini sangat konyol, karena tidak ada alasan bahwa earphone stereo standar seharusnya menimbulkan masalah dengan jack headphone karena mikrofon adalah kabel ketiga. Pada tahun berikutnya, iPhone 3G telah mendapatkan jack headphone flush yang lebih normal, yang akan menjadi norma sampai Apple memutuskan untuk menghapusnya sepenuhnya dengan iPhone 7, mengembalikan kita ke era adaptor headphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *