iPhone SE Terbaru Dirumorkan RILIS!

Meskipun hampir tiap tahun Apple akan merilis jajaran iPhone andalannya setiap tahun, namun siklus rilis untuk iPhone SE tidak dapat terprediksi sama sekali. Dengan hanya tiga generasi yang dirilis selama tujuh tahun terakhir, sulit untuk memprediksi dengan pasti kapan generasi berikutnya akan tiba – atau bahkan tidak akan ada iPhone SE lain sama sekali.

Kisah iPhone SE selama setahun terakhir telah menjadi perjalanan rollercoaster –  siklus analis yang terus-menerus / mati mencoba membaca daun teh dari pemasok Apple untuk mencari tahu dengan tepat apa yang sedang dilakukan perusahaan.

Setelah laporan akhir tahun 2022 bahwa Apple telah menunda atau membatalkan iPhone SE baru, analis Ming-Chi Kuo melaporkan pada bulan Februari bahwa iPhone SE 4 generasi berikutnya kembali ke jalurnya untuk rilis tahun 2024. Beberapa analis lain mengkonfirmasi hal ini pada bulan April, menyarankan iPhone anggaran baru bisa menjadi tempat pembuktian untuk chip modem 5G pertama Apple – sebuah langkah yang akan sangat masuk akal mengingat betapa rumitnya mengembangkan chip semacam itu .

Namun, beberapa analis tersebut juga menyarankan bahwa perkiraan tahun 2024 optimis dan bahwa kita kemungkinan tidak akan melihat iPhone SE berikutnya hingga setidaknya tahun 2025, yang cocok dengan perkiraan awal kapan chip modem 5G Apple akan siap .

Sekarang, laporan baru dari Korea The Elec ( Google Translate ) mengonfirmasi garis waktu 2025 dengan alasan berbeda untuk kemungkinan penundaan: masalah produksi dengan panel OLED untuk iPhone SE baru.

Sejarah Rumit iPhone SE

IPhone SE asli tiba pada Maret 2016, mengguncang segalanya dengan kembali ke desain iPhone empat inci yang lebih kecil yang tampaknya telah ditinggalkan ketika Apple meluncurkan iPhone 6 yang lebih besar pada September 2014. iPhone SE pertama itu pada dasarnya adalah doppelgänger yang dibuat-buat. untuk iPhone 5s era 2013, yang dihentikan pada hari yang sama dengan tibanya penerus spiritualnya.

Kamera iPhone SE
Simone Hogan / Shutterstock

Terlepas dari apa yang tampak seperti harapan besar untuk penerus yang dapat dikantongi selama beberapa tahun ke depan, Apple sekali lagi mengubah keadaan di awal tahun 2020 dengan iPhone SE generasi kedua yang mengulangi sejarah pendahulunya, mengambil desain iPhone berusia 2,5 tahun. – iPhone 8 dalam hal ini – dan membulatkannya dengan chip A13 saat itu. Sementara itu tampaknya memupus harapan iPhone yang lebih kecil, Apple mengikutinya dengan iPhone 12 mini di akhir tahun yang sama – perangkat dengan spesifikasi andalan yang akhirnya gagal mengesankan, membuktikan bahwa pasar telah bergerak dan ponsel ukuran plus telah menjadi normal baru.

Juga menjadi jelas bahwa iPhone SE lebih murah, belum tentu lebih kecil. Mengambil desain yang mapan dan menambahkan prosesor baru memungkinkan Apple untuk memasarkan iPhone di bawah $500 dengan kinerja mutakhir.

Sementara dua rilis hampir tidak cukup untuk menentukan tren, hal itu membuat banyak orang percaya bahwa Apple sedang menyiapkan siklus empat tahun untuk model iPhone anggarannya. Itu akan menempatkan 2024 sebagai tahun untuk rilis iPhone SE berikutnya, yang, jika Apple mengikuti pedoman yang sama, akan mengambil desain iPhone akhir 2021 dan menambahkan proses apa pun yang terbaru.

iPhone SE 20221
Jack Skeen / Shutterstock

Namun, Apple memberi kami kejutan tahun lalu dengan iPhone SE generasi ketiga . Jelas berasal dari keinginan untuk menghadirkan kemampuan 5G ke seluruh jajarannya, iPhone SE 2022 menambahkan dukungan 5G (tanpa kemampuan mmWave yang lebih cepat) dan chip A15 Bionic iPhone 13 tetapi sebaliknya tidak berubah — dan secara visual tidak dapat dibedakan dari pendahulunya.

Sebagian besar menganggap iPhone SE 2022 sebagai perangkat sementara yang dirilis atau satu-satunya tujuan menambahkan dukungan 5G, dan melaporkan bahwa Apple masih mengerjakan apa yang disebut “iPhone SE 4” untuk rilis 2024 tampaknya mendukung gagasan itu.

Sayangnya, ini diikuti oleh laporan yang menyatakan iPhone SE baru tidak berguna dan Apple memangkas produksi. Namun, ketika debu mereda, kami menemukan bahwa perusahaan yang benar-benar membuat iPhone SE tidak mendengar apa pun tentang pemotongan .

Meskipun penjualan iPhone SE 2022 lebih lemah dari pendahulunya, Apple sepertinya tidak terkejut. Menambahkan 5G dan chip baru ke iPhone berusia dua tahun tidak terlalu menarik, dan sementara 5G adalah nilai jual bagi mereka yang melihat jajaran iPhone andalan Apple, kebanyakan orang di pasar untuk iPhone yang ramah dompet tidak bisa ‘ tidak peduli.

Sementara jika laporannya akurat, iPhone SE generasi keempat berpotensi jauh lebih seru. Apple diharapkan untuk mengadopsi layar OLED pada model itu untuk beberapa waktu, dan laporan ketersediaan panel OLED yang menyebabkan penundaan produksi ini tampaknya menegaskan hal itu.

Render Konsep iPhone SE 3
Konstantin Milenin / Twitter

Sejalan dengan itu, iPhone SE baru harus menghilangkan tombol beranda sekali dan untuk selamanya dengan berpindah ke layar tepi-ke-tepi, dan kemungkinan besar akan menyatukan bahasa desain iPhone Apple di semua model, beralih ke desain tepi persegi dan sensor Touch ID tombol samping seperti yang sekarang dilakukan Apple dengan seluruh jajaran iPad-nya.

Karena sangat diragukan iPhone SE akan mendapatkan kamera TrueDepth, itu juga harus menampilkan desain tanpa notch, dengan tidak lebih dari lubang untuk kamera yang menghadap ke depan – dengan asumsi itu tidak memasukkannya ke bezel sebagai gantinya.

Namun, masalah sebenarnya adalah iPhone SE sepertinya tidak pernah menjadi prioritas nomor satu bagi Apple. Jika benar-benar berencana untuk menggunakan iPhone berbiaya rendah sebagai testbed untuk modem 5G barunya, itu dapat mendorong segalanya lebih cepat, membuat rilis 2025 mungkin, tetapi juga tidak mengherankan melihatnya didorong lebih jauh jika perusahaan perlu mengalihkan produksi dan komponen ke tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *