SOS Darurat iPhone Menyelamatkan Pendaki California yang Terdampar

Banyak orang mengatakan ponsel mereka adalah pengubah hidup, tetapi dalam kasus pejalan kaki California Juana Reyes dan iPhone-nya, itu memang benar.

Menyusul cedera tak terduga di jalur pendakian, Reyes menggunakan fitur SOS Darurat baru Apple melalui Satelit untuk meminta bantuan. Dia dengan cepat dan aman dipindahkan dari lokasinya yang terpencil dan dapat mencari bantuan medis untuk luka-lukanya.


Semuanya berawal ketika Reyes dan beberapa temannya memutuskan untuk menghabiskan hari hiking di Hutan Nasional Los Angeles. Selama pendakian, Reyes tersandung dan jatuh. Dia segera merasakan sakit di kaki dan pergelangan kakinya dan tidak bisa berdiri dan tidak bisa kembali ke jalan setapak.

Terdampar di jalan setapak, Reyes tahu dia membutuhkan bantuan. Grup tempat dia mencoba menelepon 911, tetapi tidak ada layanan seluler di lokasi terpencil. Reyes kemudian menggunakan iPhone 14 miliknya, yang dilengkapi dengan fitur SOS satelit darurat Apple yang baru.

Cara Kerja SOS Darurat melalui Satelit

SOS Darurat Apple melalui Satellite.jpg
apel

Tersedia di iPhone 14 dan iPhone 14 Pro, fitur SOS baru Apple menggunakan koneksi satelit untuk mencari bantuan saat tidak tersedia layanan seluler atau Wi-Fi. Peralihan ini terjadi dengan mulus. Yang harus dilakukan seseorang hanyalah menjangkau layanan darurat melalui teks atau telepon, dan iPhone akan melakukan sisanya. IPhone yang dilengkapi satelit akan mencoba mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon menggunakan jaringan seluler atau Wi-Fi terdekat. Kemudian secara otomatis beralih ke koneksi satelit jika jaringan tersebut tidak tersedia.

Sambungan satelit memerlukan pandangan langit yang tidak terhalang dan lebih lambat dari Wi-Fi atau layanan seluler biasa. Mungkin diperlukan waktu lebih dari satu menit untuk mengirim pesan jika Anda berada di bawah kanopi pohon. Keandalan koneksi sangat bergantung pada lingkungan lokal Anda; jika Anda terdampar di hutan lebat atau jurang yang dalam, Anda atau teman Anda mungkin harus memindahkan ponsel ke area yang lebih terbuka.

SOS Darurat melalui Satelit 2
apel

Terlepas dari kekurangannya, SOS satelit Apple adalah penyelamat bagi Reyes. Dia berhasil berkomunikasi dengan Tim Pencarian dan Penyelamatan Sheriff Los Angeles County. Mereka tahu lokasinya dan sejauh mana luka-lukanya. Bagian Operasi Udara Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Los Angeles akhirnya mengangkatnya keluar dari hutan dengan helikopter. Setelah keluar dari hutan, dia dibawa ke rumah sakit setempat untuk perawatan.

Ini bukan panggilan SOS iPhone pertama yang diterima Los Angeles County. Menurut Mike Leum dari Tim Pencarian dan Penyelamatan Los Angeles County Sheriff, tim SAR telah menerima tiga panggilan penyelamatan sejak layanan SOS satelit Apple diluncurkan pada November 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *