Mulai Baper, Twitter Blokir Link Threads di Hasil Pencarian?

Persaingan situs microblogging Twitter dengan media sosial pendatang baru Threads sepertinya kian memanas. 

Terkini, Twitter diduga memblokir link Threads di hasil pencarian platformnya, sehingga ketika dilakukan pencarian dengan kata kunci link Threads tidak akan tertampil di hasil pencarian.

Dikutip dari The Verge, Rabu (12/7/2023), hal ini pertama kali dilaporkan oleh Andy Baio dalam postingannya di Threads, disusul beberapa pengguna Twitter lainnya yang juga mengalami hal serupa.

Mereka mencoba melakukan pencarian dengan prefix ‘url:’ (yang biasanya digunakan untuk mencari link ke URL tertentu dan akan menampilkan semua cuitan berisi link yang dicari), tapi ketika mencari ‘url:threads.net’, tidak muncul hasil pencarian sama sekali meski sejatinya ada banyak cuitan yang berisi link ke domain tersebut.

Tak hanya itu, ketika dilakukan pencarian dengan kata kunci ‘threads.net’ tanpa embel-embel ‘url:’ di depannya, juga menampilkan banyak hasil pencarian yang tidak relevan, mulai dari pengguna yang menuliskan nama akun Threads-nya di display name atau pengguna yang membicarakan Threads tanpa menyertakan link.

Hingga saat ini, masih belum diketahui apakah Twitter memang sengaja membatasi link Threads di hasil pencarian atau hanya sekedar bug. Namun yang pasti, saat ini situasi memang tengah memanas antara Twitter dan pemiliknya Elon Musk dengan Threads dan CEO Meta Mark Zuckerberg. Beberapa waktu lalu, Twitter mengancam akan menggugat Meta karena dianggap menyalahgunakan rahasia perusahaan dan kekayaan intelektual milik Twitter lainnya.

Sementara itu, pengguna masih bisa mencari link Threads di Twitter meskipun harus menggunakan cara yang sedikit kreatif. Di antaranya adalah dengan menggunakan kata kunci ‘url:”threads net”‘ dengan spasi antara ‘threads’ dan ‘net’ atau bisa juga dengan menggunakan URL postingan Threads yang spesifik. 

Sebelumnya Twitter juga pernah membatasi visibilitas layanan lain di platform-nya. Pada April lalu, Twitter membatasi cara pengguna berinteraksi dengan cuitan yang berisi link Substack, tidak lama menjelang peluncuran layanan microblogging Notes.

Cuitan yang berisi URL Substack tidak bisa disukai, dibalas, atau pun di-retweet, dan Twitter mulai menandai link Substack sebagai cuitan yang tidak aman. Twitter juga mengarahkan hasil pencarian ‘Substack’ ke ‘newsletter’ yang lebih umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *