X Ada Program Bagi Hasil Iklan, Indonesia Juga Bisa!

Ads Revenue Sharing sendiri ini merupakan program yang memungkinkan media sosial X dan para pembuat konten X bekerja sama dalam menampilkan iklan pada profil hingga replies akun pengguna. Dimana, semakin banyak kunjungan dan percakapan yang dilakukan pada media sosial X akan mempengaruhi seberapa besar penghasilan yang akan didapatkan oleh pengguna. Jadi, program ini bukan berdasarkan dengan iklan yang ditayangkan pada timeline utama media sosial X. 

Program Ads Revenue Sharing Telah Resmi Diluncurkan

Ilustrasi

Ilustrasi program ads revenue sharing. Foto: Twitter

Media sosial X baru saja mengumumkan program bagi hasil iklan yang disebut dengan Ads Revenue Sharing. Program ini kini dapat diakses secara global oleh pengguna media sosial X. Sebelumnya, program Ads Revenue Sharing hanya tersedia bagi pembuat konten yang mendapatkan undangan langsung dari media sosial X. Namun kini, program bagi hasil iklan sudah diluncurkan dan dapat diakses oleh seluruh penggunna media sosial X di 115 negara termasuk Indonesia. Para pembuat konten di Indonesia sendiri ternyata memenuhi syarat yang diperlukan untuk mengikuti program bagi iklan ini.

Bagi para pembuat konten yang tertarik untuk mengikuti program ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat tersebut adalah:

  • Pengguna harus sudah memiliki centang biru.
  • Pengguna harus berlangganan Twitter Blue.
  • Pengguna harus memiliki minimal 500 Followers.
  • Pengguna harus memiliki setidaknya 15 Juta Impresi postingan dalam tiga bulan terakhir.

Dalam usaha memperbanyak kunjungan dan percakapan pada media sosial X, pengguna juga diperingatkan mengenai beberapa topik yang tidak bisa mendapatkan monetisasi yaitu :

  • Tidak boleh mengunggah konten dengan hak cipta yang bukan miliknya.
  • Tidak boleh menggunakan konten seksual, kekerasan, kriminal, narkoba, alkohol, dan skema Ponzi.

Sebagai langkah awal, pemilik dari aplikasi X yaitu Elon Musk mengungkapkan bahwa pada gelombang pertama akan ada 5 Juta USD yang nantinya dibagikan kepada  pembuat konten pada media sosial X yang disebut dengan Creator X. Namun terdapat ketentuan saldo minimum yang dapat ditarik dari jumlah penghasilan yang dimiliki adalah 50 USD. Meskipun begitu, media sosial X ini tidak membagikan detail pasti mengenai rician nilai yang didapat pembuat konten per impression postingan yang diunggah. Selain itu, tidak ada detail mengenai kesamarataan tarif atau penghasilan yang dihasilkan oleh setiap pembuat konten pada media sosial X. 

Pembuat Konten Mulai Mendapatkan Penghasilan Dari Program Ads Revenue Sharing

Ilustrasi

Ilustrasi pendapatan yang dihasilkan dari program ads revenue sharing. Foto: Twitter

Beberapa pembuat konten pada media sosial yang dulunya bernama Twitter ini, telah membagikan berbagai laporan mengenai hasil pendapatan iklan yang telah dikirimkan oleh perusahaan. Misalnya pada penulis Brian Krassenstein yang memiliki 750 Ribu Followers pada media sosial X. Dirinya melaporkan bahwa Twitter telah melakukan pembayaran sebesar 24.305 US Dollar yang setara dengan 363,8 Juta Rupiah. 

Selain itu, salah satu pembuat konten musik pada media sosial X yaitu SK telah mendapatkan penghasilan sebesar 2.236 US Dollar yang setara dengan 33,4 Juta Rupiah. Masih banyak pembuat konten lain yang berlomba-lomba membuktikan penghasilan yang di dapatkan dari program Ads Revenue Sharing ini. Hal ini tentunya menyebabkan banyak pembuat konten pada media sosial X semakin tertarik untuk mengikuti program pembagian hasil iklan. Media sosial ini sendiri telah berjanji untuk membuka kesempatan bagi lebih banyak untuk para pembuat konten atau Creator X. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *