Cara Membedakan Centang Biru Asli dan Berbayar Instagram

Di era digital saat ini, semakin banyak akun palsu di Instagram yang digunakan untuk tujuan tidak baik seperti penipuan. Mengetahui apakah suatu akun memiliki centang biru Instagram yang asli atau hasil berlangganan menjadi hal yang penting. 

Pada bulan Juni 2023, Instagram mengenalkan fitur Meta Verified di Indonesia. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan centang biru dengan membayar atau berlangganan. Untuk langganan bulanan, harganya adalah Rp100.000 melalui website atau Rp130.000 melalui aplikasi Android dan iOS. Dalam paket langganan ini, pengguna akan mendapatkan lencana verifikasi di akun Instagram, akses ke akun Facebook, dan aplikasi Threads yang terhubung.

Namun, ada juga cara untuk mendapatkan centang biru secara gratis melalui jalur prestasi. Proses ini memerlukan pengajuan dan mematuhi beberapa persyaratan ketat. Jadi, bagaimana cara membedakan antara centang biru Instagram asli dan hasil berlangganan?

Cara Membedakan Centang Biru Asli dan Bayar di Instagram 

Berikut penjelasannya berdasarkan sumber yang terpercaya, dikutip pada Minggu (13/8/2023).

Langkah Pertama: Mengenali Akun Berlangganan/Bayar

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat Anda.
  • Pilih salah satu akun secara acak (tidak perlu akun yang ingin Anda periksa).
  • Di halaman profil akun tersebut, temukan dan klik pada tiga titik di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi “Laporkan” dari menu yang muncul.
  • Selanjutnya, pilih “Laporkan Akun.”

Langkah Kedua: Mengenali Centang Biru Asli

  • Pilih salah satu akun yang ingin Anda periksa, dan pura-puralah seolah-olah Anda ingin menjadi orang yang berbeda, misalnya selebriti atau tokoh publik.
  • Terakhir, ketikkan nama akun yang ingin Anda periksa.
  • Jika hasil pencarian tidak menunjukkan akun pengguna yang Anda cari, kemungkinan besar akun tersebut merupakan hasil dari berlangganan Meta Verified. Ini berarti pemilik akun telah membayar untuk mendapatkan centang biru.

Menurut @benakribo di Instagram

Benazio R Putra atau Benakribo, seorang content creator, juga membagikan panduan untuk membedakan centang biru asli dan hasil berlangganan. 

Dia merekomendasikan langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi profil pemilik akun yang memiliki centang biru.
  • Klik pada tiga titik di bagian atas halaman profil dan pilih “about this account.”
  • Jika akun tersebut terverifikasi pada Juni 2023 atau sebelumnya, maka kemungkinan besar verifikasinya organik. Sebaliknya, jika verifikasinya lebih baru, bisa jadi akun tersebut adalah hasil dari berlangganan.

Dengan mengetahui perbedaan antara centang biru asli dan hasil berlangganan di Instagram, Anda dapat lebih waspada dan menghindari akun palsu atau penipuan yang berpotensi merugikan. 

Ingatlah bahwa memperoleh centang biru melalui jalur prestasi adalah proses yang lebih transparan dan dihargai oleh komunitas Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *