Pencipta PowerPoint Dennis Austin Meninggal Dunia karena Kanker Paru

Dennis Austin, seorang pengembang aplikasi yang ikut menciptakan PowerPoint, meninggal dunia di rumahnya di Los Altos, California, pada 1 September 2023, ketika usianya 76 tahun.

Putranya, Michael Austin, mengatakan dia menderita kanker paru-paru yang telah menyebar ke otaknya, menurut laporan The Washington Post.

Austin belajar teknik komputer di beberapa universitas, termasuk Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan University of California Santa Barbara, sebelum bekerja sebagai pengembang perangkat lunak, dan akhirnya bergabung dengan perusahaan perangkat lunak Forethink dan ikut mengembangkan PowerPoint. Perusahaan ini merilis perangkat lunaknya pada tahun 1987, dan Microsoft membeli perusahaan tersebut hanya beberapa bulan kemudian.

Austin menjabat sebagai pengembang utama PowerPoint dari tahun 1985 hingga 1996 ketika dia pensiun.

The Washington Post mencatat bahwa Michael Gaskins, salah satu pencipta PowerPoint yang lainnya, menulis dalam bukunya Sweating Bullets: Notes about Inventing PowerPoint, bahwa Austin “muncul dengan setidaknya setengah dari ide desain utama.” Peran Austin tentu sangat penting dalam PowerPoint. Gaskins juga menambahkan, jika Austin tidak mendesain perangkat lunak itu, “maka tidak ada seorang pun yang akan mengetahui PowerPoint.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *