Optimisme Bill Gates Soal AI, Bisa Jadi Masa Depan Dunia Medis dan Kesehatan

Jelang berakhirnya tahun 2023, Bill Gates membagikan pandangannya mengenai tahun 2024, terutama menyoroti perkembangan inovasi teknologi Artificial Intelligence (AI) yang diyakininya akan mengubah masa depan manusia.

Meskipun tahun ini diwarnai oleh sejumlah masalah global, Gates tetap optimis akan masa depan di tahun 2024. Salah satu aspeknya adalah kemajuan penelitian, terutama dalam penerapan AI di sektor kesehatan.

Ramalan Bill Gates Mengenai AI Pada Sektor Kesehatan di Tahun 2024

1. Resistensi Antibiotik

Masalah resistensi antibiotik merupakan perhatian global, dan Gates melihat solusinya melalui penerapan teknologi AI. Nana Kofi Quakyi dari Aurum Institute di Ghana tengah mengembangkan alat yang didukung dengan AI untuk membantu petugas kesehatan dalam meresepkan antibiotik.

2. Tutor Khusus Tiap Siswa

Gates juga meramalkan kemunculan tutor yang dipersonalisasi. Dengan menggunakan AI, para pengajar dapat memahami kesulitan dan kekuatan tiap siswa, kemudian menyesuaikan metodologi pengajaran. Platform edutech berbasis AI seperti Khanmigo, Mathia, dan Somanasi sudah hadir sebagai implementasi dari ramalan ini.

3. Mengobati Kehamilan Berisiko Tinggi

Bidang kesehatan reproduksi juga mendapat perhatian dari AI. Peneliti di Amman sedang mengeksplorasi pemanfaatan AI untuk mengatasi masalah kehamilan berisiko tinggi. Gates mencatat bahwa risiko kematian wanita setelah melahirkan masih menjadi isu serius, dan AI diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menangani hal ini.

 4. Risiko HIV

Di Afrika, seorang chatbot digunakan untuk menilai risiko HIV. Melalui platform ini, Gates berpendapat bahwa nantinya akan lebih banyak wanita yang dapat memahami sejauh mana risiko yang dihadapi dan langkah-langkah yang tepat untuk melindungi diri. Inovasi ini dapat membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang kompleks.

5. Memudahkan Akses pada Informasi Medis

Kendala utama di beberapa negara adalah sulitnya akses pada informasi medis. Padahal, informasi yang tepat dan cepat sangat penting dalam pengobatan dan perawatan yang efektif. Gates meyakini bahwa AI dapat mempercepat proses penelitian untuk menemukan solusi terkait akses informasi medis ini. Meski solusinya mungkin belum datang dalam waktu dekat, Gates optimis bahwa ini adalah proyek jangka panjang yang akan memberikan manfaat besar.

Dengan pandangan optimis ini, Bill Gates memberikan harapan bahwa perkembangan teknologi AI akan menjadi salah satu kekuatan besar dalam membentuk masa depan yang lebih baik, terutama dalam sektor kesehatan dan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *