MediaTek Meluncurkan Chip RedCap T300 5G yang Hemat Daya

BARCELONA, Spanyol 26 Februari 2024 – Di MWC 2024, MediaTek meluncurkan chip MediaTek T300. MediaTek T300 5G adalah solusi berdaya dan berbiaya rendah untuk menghubungkan perangkat wearable dan perangkat IoT (Internet of Things) ke jaringan 5G.

Chip ini bisa disematkan di pelacak kebugaran dengan harga terjangkau hingga sekumpulan sensor di pabrik. Chip ini dirancang untuk mengisi ceruk untuk perangkat-perangkat murah yang memerlukan konektivitas 5G, tapi di sisi lain tidak membutuhkan kecepatan 5G setara gigabit seperti yang dibawa modem 5G untuk smartphone. Hal ini diungkapkan oleh GM MediaTek dan VP pemasaran korporat Finbarr Moynihan.

MediaTek T300 mempunyai system-on-chip (SoC) RedCap RF 5G yang dibuat dengan modem M60 MediaTek, yang mendukung standar 3GPP Release-17 untuk menawarkan keunggulan generasi yang signifikan dibandingkan solusi 4G IoT.

“Kepemimpinan MediaTek dalam industri 5G dan keahlian penghematan daya akan membantu brand untuk memanfaatkan peluang pasar yang sangat besar dengan 5G RedCap,” kata JC Hsu, Corporate Senior Vice President di MediaTek. “T300 menggabungkan keunggulan kecepatan, keandalan, dan latensi 5G.”

Menurut MediaTek, chip T300 5G ini memiliki kecepatan puncak downlink/uplink (unduh-upload) mencapai hingga 227/122 Mbps. Modem 5G standar 3GPP Release-17 pada platform ini mendukung berbagai peningkatan efisiensi energi. Selain itu, platform ini mengintegrasikan CPU 800 MHz untuk memastikan SoC sangat responsif saat diaktifkan.

Fitur dukungan chip MediaTek T300 5G RedCap untuk IoT meliputi:

  1. Teknologi UltraSave 4.0 dari MediaTek untuk mengurangi konsumsi daya secara signifikan.
  2. Dukungan 5G NSA dan 5G SA untuk memfasilitasi transisi ke jaringan SA, bersama dengan dukungan untuk LTE & NR-FR1 (20MHz).
  3. Peningkatan keandalan dengan dukungan hingga 256 QAM DL/UL, ditambah dukungan 1T2R MIMO / 1CC untuk koneksi latensi lebih rendah.
  4. Dual SIM single active (DSSA) dan network slicing, yang penting untuk mendukung berbagai aplikasi IoT.

MediaTek berkolaborasi dengan mitra infrastruktur dan operator terkemuka di seluruh dunia agar berhasil terhubung ke jaringan 5G SA dan melakukan panggilan VoNR, serta transmisi data menggunakan MediaTek T300.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *