Dokumenter Netflix Ini Pakai Gambar Hasil AI?!

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) telah merambah berbagai bidang, termasuk pembuatan gambar, yang kini menjadi hal lumrah. Namun, bagaimana jika hasil gambar AI digunakan dalam produksi film? Ternyata, fenomena ini tampaknya terjadi dalam dokumenter terbaru di Netflix. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Menurut laporan dari Futurism, dalam film dokumenter Netflix berjudul “What Jennifer Did”, digunakan gambar yang telah dimodifikasi dengan bantuan AI. Laporan tersebut mengungkapkan adanya foto-foto yang terlihat tidak lazim, menunjukkan tanda-tanda modifikasi oleh AI, seperti bentuk tangan yang tidak biasa, artefak aneh, dan kejanggalan lainnya.

Jika benar adanya, hal ini tentu menimbulkan pertanyaan apakah layak menggunakan gambar hasil AI dalam konteks film dokumenter. Terlebih lagi, hal ini dapat berdampak pada individu yang difoto, terutama jika mereka saat ini dalam penjara dan menunggu persidangan ulang.

Dalam salah satu gambar yang aneh ini, tangan kiri subjek film dokumenter Jennifer Pan sangat terkoyak, sementara gambar lainnya menunjukkan ada celah aneh di pipi orang tersebut.

Hingga kini, Netflix belum memberikan tanggapan resmi terhadap laporan tersebut, meskipun gambar-gambar tersebut menunjukkan indikasi adanya manipulasi yang nyata dan tidak pernah disertai label sebagai hasil karya AI.

Namun, PetaPixel mengungkapkan kemungkinan bahwa gambar-gambar tersebut mungkin dihasilkan oleh AI yang memanipulasi foto asli seorang perempuan yang bernama Pan. Namun, perlu dicatat bahwa hasil karya AI ini dapat dianggap sebagai tindakan merugikan dan tidak mencerminkan fakta asli.

Diharapkan ke depannya ada aturan yang mengatur penggunaan gambar atau video yang dihasilkan oleh AI dalam sebuah film atau konten lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *