Rekap Booth MediaTek di Computex 2024

Di ajang Computex 2024, MediaTek tidak hanya memamerkan jajaran chipset smartphone terbaru mereka, melainkan juga berbagai solusi mutakhir lain. Ini mencakup perangkat rumah pintar, Chromebook, tablet, hingga teknologi komunikasi satelit. Inovasi utama yang diusung pada gelaran tersebut adalah kecerdasan buatan generatif (Generative AI/GenAI) dan konektivitas nirkabel yang canggih.

MediaTek Dimensity 9300: Memberdayakan Era GenAI

Bintang utama dari presentasi MediaTek adalah chip Dimensity 9300. Dilengkapi dengan NPU generasi ke-7 MediaTek dan perangkat pengembangan lengkap, chip ini menjadi sorotan berkat kemampuannya dalam mengaktifkan aplikasi GenAI multimoda yang inovatif. Dimensity 9300 juga didukung dengan teknologi kompresi memori perangkat keras dan LoRA, sehingga memungkinkan developer menciptakan aplikasi GenAI dengan cepat dan efisien. MediaTek menampilkan berbagai demonstrasi live yang memukau, seperti pembuatan karakter secara real-time pada smartphone flagship, penghapusan objek dan latar belakang dalam foto, peringkasan dokumen, dan bahkan komposisi musik instan.

Teknologi AI Generatif Melampaui Perangkat Mobile

MediaTek Booth

MediaTek tidak hanya berfokus pada perangkat mobile. Inovasi mereka di sektor otomotif juga tidak kalah menarik. MediaTek memamerkan SoC 3nm untuk smart cockpit yang terintegrasi dengan APU berperforma tinggi. APU ini mampu menjalankan model bahasa besar, sehingga memungkinkan pengembangan berbagai aplikasi GenAI canggih yang berjalan secara real-time di dalam mobil.

Bekerjasama dengan algoritma input suara dari Sensory dan asisten pengemudi pintar MediaTek DaVinci, platform ini menawarkan berbagai layanan melalui interaksi suara alami. Beberapa contohnya termasuk navigasi real-time, pembaruan kondisi lalu lintas, pemutaran musik dengan kontrol suara, pengecekan kesehatan kendaraan, dan bahkan bantuan darurat otomatis.

Kecerdasan Buatan untuk Mendukung Gaya Hidup Cerdas

MediaTek DaVinci dirancang untuk membantu pengguna dalam menjalankan tugas kompleks, berinteraksi dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan, serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Berperan sebagai asisten pintar yang cerdas, DaVinci terintegrasi dengan berbagai perangkat terminal yang didukung MediaTek. Asisten ini menawarkan kesadaran lingkungan yang komprehensif melalui integrasi IoT yang cerdas, memungkinkan kolaborasi mulus antar perangkat, dan pada akhirnya mendorong gaya hidup cerdas yang baru.

Pelopor Konektivitas Nirkabel Masa Depan

Tak hanya kecerdasan buatan, MediaTek juga menjadi pelopor dalam ranah konektivitas nirkabel masa depan. Mereka menampilkan platform 5G RedCap RFSoC T300 yang hemat daya dan ringkas, cocok untuk perangkat IoT yang membutuhkan efisiensi tinggi. Platform ini saat ini sedang dalam tahap uji coba oleh para pelanggan, dengan rencana untuk diimplementasikan pada perangkat yang dapat dipakai (wearable devices) pada tahun 2025.

Selain itu, mereka juga memamerkan pengalaman streaming internet satelit 5G NR-NTN Ku-band. Menggunakan lengan robot untuk mensimulasikan penerbangan satelit di orbit rendah Bumi (Low-Earth Orbit/LEO), bersama dengan solusi saluran satelit LEO dari Rohde & Schwarz dan stasiun pangkalan uji NR NTN milik ITRI, MediaTek menawarkan layanan transmisi data broadband untuk kendaraan dan berbagai perangkat terminal lainnya. Dengan inovasi ini, MediaTek tidak hanya menjawab kebutuhan konektivitas saat ini, tetapi juga turut mempersiapkan masa depan di mana internet bisa diakses dari mana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *