Apple WWDC 2024: AI, Konektivitas, dan Inovasi

Apple’s Worldwide Developers Conference baru saja berakhir, dan raksasa teknologi itu tidak tanggung-tanggung dalam memamerkan inovasi terbarunya. Mereka mengenalkan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) yang akan hadir di perangkat Apple, serta pembaruan signifikan di seluruh sistem operasi mereka.

Kecerdasan Buatan Hadir di iPhone, iPad, dan Mac

Image = Apple

Ikut meramaikan tren AI, Apple meluncurkan sistem AI mereka sendiri yang diberi nama Apple Intelligence. Ini adalah sistem intelijen pribadi yang dirancang untuk “menempatkan model generatif yang kuat tepat di inti iPhone, iPad, dan Mac Anda.” Dengan kehadiran Apple Intelligence, pengguna dapat menikmati berbagai kemampuan baru di aplikasi bawaan Apple. Misalnya, Anda bisa menggunakannya untuk membuat gambar atau meringkas teks dengan mudah.

Apple meyakinkan pengguna bahwa privasi menjadi perhatian utama mereka. Sistem akan secara otomatis memutuskan apakah perlu menggunakan pemrosesan langsung di perangkat atau menghubungi server komputasi awan pribadi Apple untuk memenuhi permintaan Anda. Kabar baiknya, Apple Intelligence akan tersedia secara gratis di iPhone 15 Pro terbaru, serta iPad dan Mac yang ditenagai chip M1 atau lebih baru.

Siri Lebih Pintar dengan Dukungan AI

Tak hanya menghadirkan sistem AI baru, Apple juga meningkatkan kemampuan asisten suara Siri. Siri yang sudah familiar di telinga pengguna Apple kini akan terintegrasi lebih dalam ke iPhone. Nantinya, Siri akan muncul sebagai cahaya berdenyut di tepi perangkat, membuatnya lebih mudah diakses dan intuitif. Selain itu, Siri yang lebih pintar ini akan memberi Anda lebih banyak kontrol atas aplikasi. Anda dapat memintanya untuk menemukan informasi di dalam email tertentu atau bahkan menampilkan foto salah satu teman Anda.

Untuk memahami pengguna dengan lebih baik dan melacak permintaan lanjutan, Apple menyematkan teknologi Large Language Models (LLM) ke dalam Siri. Dengan LLM, Siri diharapkan dapat memahami maksud pengguna secara lebih akurat dan mampu menangani percakapan yang lebih kompleks.

ChatGPT Kini Hadir di Siri

Peningkatan AI pada Siri tak berhenti sampai disitu. Apple mengumumkan integrasi dengan chatbot ChatGPT buatan OpenAI. Dengan integrasi ini, Siri akan secara otomatis menilai apakah pertanyaan Anda lebih cocok ditangani oleh ChatGPT. Siri kemudian akan meminta izin Anda sebelum meneruskan permintaan tersebut. Menariknya, Anda dapat menggunakan ChatGPT melalui Siri secara gratis dan tanpa perlu membuat akun terpisah.

Lebih dari Sekedar AI, Fitur Baru di Berbagai Aplikasi

Apple tak hanya fokus pada kecerdasan buatan. Pembaruan iOS 18 turut membawa sejumlah fitur baru yang menarik di berbagai aplikasi bawaan. Di aplikasi Mail misalnya, Anda akan menemukan kemampuan untuk meringkas email dan bahkan menghasilkan balasan otomatis. Apple turut memamerkan fitur Genmoji yang memungkinkan Anda membuat emoji kustom berdasarkan teks, serta Image Playground, sebuah pembuat gambar berbasis AI yang inovatif.

Apple pun tak melupakan aplikasi Foto. Kehadiran AI memungkinkan pengguna untuk mencari foto menggunakan bahasa alami. Selain itu, Anda dapat membersihkan objek yang tidak diinginkan di latar belakang foto, mirip dengan fitur Penghapus Ajaib milik Google. Tak ketinggalan, Apple turut menyertakan fitur transkripsi dan ringkasan berdayakan AI ke dalam aplikasi Notes dan Telepon.

Kustomisasi Lebih Leluasa dan Dukungan RCS di iOS 18

Selain fitur berbasis AI, iOS 18 menawarkan peningkatan dalam hal kustomisasi. Anda akan disuguhi Pusat Kontrol baru yang dapat disesuaikan dengan preferensi. Apple juga menghadirkan kebebasan dalam penempatan ikon aplikasi di layar beranda. Tak hanya itu, iOS 18 memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi tertentu, sehingga orang lain tidak dapat menggunakannya saat Anda meminjamkan ponsel.

Peningkatan lain yang patut dicatat adalah desain ulang aplikasi Foto dan kehadiran Mode Game baru di iPhone. Mode Game ini bertujuan meminimalkan aktivitas latar belakang untuk mengoptimalkan performa saat bermain game. Setelah penantian yang cukup panjang, dukungan untuk RCS (Rich Communication Services) akhirnya hadir di iPhone melalui iOS 18. Meski begitu, Apple masih belum memberikan detail lebih lanjut mengenai implementasinya.

Peningkatan di iMessage, Apple TV Plus, dan Lainnya

iMessage, layanan pesan instan kebanggaan Apple, turut mendapatkan pembaruan. Kini, pengguna dapat menjadwalkan pengiriman teks dan menikmati dukungan untuk pesan SMS via satelit. Apple turut memperkenalkan opsi Tapback berwarna-warni dan memungkinkan pengguna untuk memformat teks dengan tebal, garis bawah, dan miring.

Apple TV Plus tak ketinggalan dengan fitur barunya yang diberi nama “inSights”. Dengan fitur ini, Anda dapat menggesek ke bawah pada remote untuk menampilkan informasi mengenai aktor dan karakter yang sedang tampil di film atau acara TV yang Anda tonton. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui judul lagu yang

sedang diputar dan menambahkannya ke daftar putar Apple Music Anda. Apple TV Plus juga akan secara otomatis menampilkan subtitle saat Anda mematikan suara acara dan mendukung proyektor 21:9.

Passkeys: Mengelola Kata Sandi dengan Mudah

Seperti yang dirumorkan sebelumnya, Apple akhirnya meluncurkan aplikasi Passkeys yang memungkinkan Anda untuk mengelola detail login di berbagai perangkat. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat dan menyimpan kata sandi yang aman, mirip dengan pengelola kata sandi populer seperti LastPass dan 1Password. Passkeys akan tersedia di iOS, iPadOS, macOS, visionOS, dan bahkan Windows.

iPadOS 18: Kalkulator dengan Dukungan Apple Pencil dan Fitur Lainnya

Setelah sekian lama, akhirnya iPad mendapatkan aplikasi Kalkulator. Lebih menariknya lagi, aplikasi ini hadir dengan fitur baru bernama Math Notes yang memungkinkan Anda menuliskan persamaan di iPad menggunakan Apple Pencil dan aplikasi akan menyelesaikannya secara otomatis.

Apple juga memperkenalkan fitur Smart Script yang menggunakan machine learning untuk meningkatkan tampilan tulisan tangan Anda dan memeriksa ejaan di catatan Anda.

macOS 15: Cerminkan Layar iPhone ke Mac

Pembaruan macOS berikutnya memungkinkan Anda untuk mencerminkan layar iPhone ke Mac. Anda dapat berinteraksi dengan iPhone secara langsung dari Mac, termasuk melihat notifikasi dan mendengarkan audio yang diputar dari perangkat mobile Anda.

Fitur baru lainnya di Safari adalah Highlights, yang menggunakan machine learning untuk memilih bagian menarik dari sebuah halaman web.

Apple watchOS 11: Otomatisasi Widget dan Fitur Kesehatan Baru

watchOS 11 hadir dengan berbagai fitur baru, termasuk kemampuan untuk secara otomatis menambahkan widget berdasarkan kebutuhan Anda. Widget ini berfungsi untuk menjelajahi metrik kesehatan terpenting Anda dengan sekilas serta fitur pelacakan siklus menstruasi, aktivitas Langsung, dan dukungan untuk Check In, yang memungkinkan orang tersayang melacak Anda selama berolahraga.

Apple visionOS 2: Foto Spasial dan Layar Mac Ultrawide

Apple mengumumkan visionOS 2, pembaruan besar pertama untuk sistem operasinya. Salah satu fitur baru di Vision Pro menggunakan machine learning untuk menambahkan kedalaman pada foto yang sudah ada. Pembaruan ini juga akan memperkenalkan dukungan untuk layar virtual Mac ultrawide, gestur yang lebih intuitif, dan dukungan untuk mode perjalanan di kereta api.

Apple juga berencana untuk menghadirkan Vision Pro ke lebih banyak negara, termasuk China, Singapura, Australia, Kanada, Prancis, dan Inggris.

AirPods Pro: Respon Siri Tanpa Suara dan Pengurangan Kebisingan yang Lebih Baik

Apple meluncurkan Siri Interactions di pembaruan perangkat lunak AirPods Pro berikutnya, memungkinkan Anda untuk menganggukkan atau menggelengkan kepala untuk menanggapi pengumuman Siri. AirPods Pro juga mendapatkan Voice Isolation untuk meningkatkan kualitas suara dan mengurangi kebisingan latar belakang.

Demikianlah rangkuman dari berbagai pengumuman besar yang dihadirkan Apple dalam konferensi WWDC 2024. Pembaruan ini menunjukkan komitmen Apple untuk menghadirkan inovasi dan meningkatkan pengalaman pengguna di seluruh lini produk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *