3 Tips Gunakan MAC untuk Pemula (Part.2)

Gunakan ID Sentuh

Jika Anda menggunakan MacBook yang relatif modern, atau memiliki Magic Keyboard dengan Touch ID, Anda dapat menggunakan sidik jari untuk mengontrol Mac. Anda dapat melakukan hal-hal seperti membuka kunci Mac, membayar barang, dan mengunduh aplikasi tanpa harus memasukkan kata sandi setiap saat. Berikut cara mengaturnya.

  1. Klik  menu Apple  yang terletak di pojok kiri atas layar Anda. (itu tombol dengan logo Apple).
  2. Pilih  Preferensi Sistem .
  3. Klik  Sentuh ID .
  4. Klik  Tambahkan sidik jari . 
  5. Masukkan kata sandi Anda jika perlu.
  6. Letakkan jari Anda di tombol Touch ID dan pindai sampai Mac Anda mengatakan selesai.

Anda dapat menambahkan hingga tiga sidik jari berbeda, yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk kedua tangan Anda dan memungkinkan orang lain membuka kunci Mac Anda. 

Dan karena Anda berada di sana, Anda juga dapat memilih opsi mana yang dapat digunakan dengan Touch ID. Misalnya, Anda dapat menggunakan Apple Pay, membuka kunci Mac, dan mengisi otomatis kata sandi Anda. Centang opsi yang Anda inginkan dan setelah selesai, tutup jendela.


Sesuaikan Widget Anda

Widget di Mac
Sergio Velasquez / Berita iDrop

Tidak semua orang menggunakannya, tetapi Anda dapat mengatur widget favorit Anda di Mac seperti yang Anda lakukan di iPhone atau iPad. Namun, Anda tidak dapat memiliki widget di layar beranda seperti yang Anda lakukan di perangkat lain. 

Sebagai gantinya, Anda dapat menemukan widget Mac Anda di Pusat Pemberitahuan. Kabar baiknya adalah Anda dapat menyesuaikannya dan menambahkan widget favorit Anda dalam sekejap. Begini caranya:

  1. Klik  jam  di sisi kanan atas layar Anda.
  2. Pilih  Edit Widget .

Anda akan melihat daftar widget yang saat ini Anda miliki di sisi kanan. Di tengah, Anda akan menemukan beberapa saran yang mungkin ingin Anda coba. Dan di sisi kiri, Anda akan melihat daftar semua widget yang tersedia. 

Anda dapat menarik dan melepas widget ke sisi kanan untuk menambahkannya ke daftar Anda. Anda juga dapat menyeretnya ke atas atau ke bawah widget lain untuk menyusun ulang. Dan jika Anda tidak melihat widget yang ingin Anda gunakan, masukkan namanya di bilah pencarian untuk melihat opsi apa yang Anda miliki.


Cara Mengambil Screenshot di Mac

Ambil Screenshot Mac
Sergio Velasquez / Berita iDrop

Alat yang sangat berguna yang perlu Anda pelajari adalah mengambil tangkapan layar dengan Mac Anda. Ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar, dan Anda dapat melakukannya hanya dengan beberapa pintasan keyboard.

  1. Untuk mengambil screenshot seluruh layar, tekan  Command + Shift + 3 . Anda tahu Anda mengambil tangkapan layar karena Mac Anda akan mengeluarkan suara.
  2. Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari bagian tertentu, Anda dapat menekan  Command + Shift + 4 . Kursor Anda akan berubah, dan Anda dapat mengklik dan menyeret area yang Anda inginkan. Setelah Anda melepaskan jari, Anda akan mengambil tangkapan layar.
  3. Jika Anda ingin merekam layar Anda, baik sebagian atau seluruh layar, Anda dapat menekan  Command + Shift + 5 . Menu akan muncul di layar Anda, dan Anda dapat memilih apa yang ingin Anda lakukan dari menu di bagian bawah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *