Apple ID Berubah Jadi Apple Account di Akhir 2024

Apple dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk me-rebranding penamaan Apple ID menjadi Apple Account. Perubahan ini disebut-sebut bakal dilakukan akhir 2024.

Mengutip Apple Insider, Sabtu (2/3/2024), Apple ID merupakan cara bagi pengguna login ke layanan Apple Services.

Ketika sudah login ke Apple ID, pengguna bisa menggunakan ekosistem layanan dari Apple. Mulai dari Apple Music, App Store, hingga melakukan pencarian terhadap perangkat yang hilang.

Apple ID sendiri kini jadi bagian integral dari segala sesuatu yang berkaitan dengan Apple. Dengan begitu, sulit untuk mengatakan sejak kapan Apple ID ada.

Namun, pada tahun 1990-an, Apple memiliki layanan bernama eWorld yang berakhir gagal di tahun 90-an. Lalu, ada AppleLink sebagai layanan untuk dealer di tahun 80-an.

Kemudian Apple juga memiliki tools untuk login melalui iTools di tahun 2000. Pada saat itu, layanan tersebut gratis sehingga pengguna tak perlu mendaftarkan kartu kredit mereka, dengan begitu saat itu kebutuhan akan keamanan menjadi lebih sedikit.

Bakal Dirilis Bareng dengan iOS 18

Selanjutnya, iTunes Music Store muncul di tahun 2003 dan kini lebih sering disebut sebagai Apple ID. Jadi, kehadiran Apple ID kemungkinan sudah selama 21 tahun dan telah menjadi bagian dari pengguna Apple selama beberapa dekade.

Kini, seiring dengan pertimbangan perusahaan, kemungkinan nama Apple ID akan berubah jadi Apple Account.

MacRumors menungkapkan, Apple tengah mempertimbangkan mengubah Apple ID. Apple mengharapkan rebranding tersebut dapat diluncurkan bersamaan dengan iOS 18 yang akan datang beserta macOS versi berikutnya.

Saat ini belum ada rincian alasan kenapa Apple mempertimbangkan penggantian dari Apple ID menjadi Apple Account atau kepastian apakah hal tersebut benar-benar dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *